MTSN 3 Tanjung Jabung Barat


Diposting Pada: Rabu, 23 Oktober 2019
Peringatan Hari Santri Nasional 2019, Ini Pesan Bupati Tanjab Barat


Peringatan Hari Santri Nasional 2019, Ini Pesan Bupati Tanjab BaratTanjung Jabung Barat (MTsN 3 Tjb) - Upacara Hari Santri Nasional tahun 2019 dilaksanakan pada Selasa (22/10/2019) yang dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal. Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019 ini bertemakan "Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia".

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup). Di hadapan peserta upacara, beliau menyampaikan beberapa hal penting dengan membacakan Sambutan Menteri Agama.

"Isu perdamaian diangkat berdasarkan fakta bahwa pondok pesantren merupakan laboratorium perdamaian. Selain itu, pesantren juga merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatan lil 'alamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama".

"Setidaknya ada alasan dan dasar mengapa pesantren disebut laboratorium perdamaian antara lain kesadaran harmoni beragama dan berbangsa, mengaji dan mengkaji, santri diajarkan untuk khidmah (pengabdian), pendidikan kemandirian, kerja sama dan saling membantu di kalangan santri, gerakan komunitas seperti kesenian dan sastra yang tumbuh di pesantren, merawat khazanah kearifan lokal, prinsip masalah (kepentingan umum) serta penanaman spritural". Lanjut Bupati.

"Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2019 ini terasa istimewa dengan hadirnya Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren. Undang-undang ini memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan semata, akan tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat". Lanjutnya lagi.

"Dengan Undang-undang, negara hadir untuk memberikan rekognisi, afirmasi dan fasilitas kepada pesantren dengan tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya, tamatan pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lembaga lainnya". Tegasnya. (sb)

 


205x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Tgl 1 Pengumuman Juara Class Meeting MTsN 3 Tanjab Barat 163x dibaca
  2. Class Meeting MTsN 3 Tanjab Barat Berakhir 185x dibaca
  3. Empat Guru MTsN 3 Tanjab Barat Siap Ikuti UK Mapel Umum 833x dibaca
  4. Puskesmas Teluk Nilau Gelar Minilokakarya Lintas Sektor 158x dibaca
  5. Meriahkan HAB Kemenag RI Ke-74, Kemenag Tanjab Barat Gelar Berbagai Lomba 263x dibaca

Halaman ini diakses pada 05-05-2024 21:03:55 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 172.70.130.215
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved