MTSN 3 Tanjung Jabung Barat


Diposting Pada: Rabu, 12 Februari 2020
Catatan Sosialisasi UN 2020 di Kanwil Kemenag Provinsi Jambi


Catatan Sosialisasi UN 2020 di Kanwil Kemenag Provinsi JambiTanjung Jabung Barat (MTsN 3 Tjb) - Pelaksanaan Sosialisasi Penyelenggaraan Ujian Pada Madrasah Tsanawiyah (MTS) Tahun Pelajaran 2019/2020 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi Tahun 2020 di Grand Hotel Jambi tanggal 8 s.d 10 Februari 2020 telah dilaksanakan.

Ada beberapa catatan yang dapat kami sampaikan dari Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi maupun dari Narasumber/Pemateri sebagaiman yang dilaporkan oleh Hamise, S.Ag., M.Pd.I Kepala MTsN 3 Tanjab Barat yang juga hadir pada acara tersebut.

Pertama, bahwa Ujian Nasional, UAMBN dan USBN dilaksanakan pada tahun ini berbasis komputer kita laksanakan 100% baik Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Aliyah Negeri maupun Swasta namun penetapan kelulusan siswa tersebut diserahkan kepada madrasah masing-masing.

Ketiga, tahun 2021 UN akan dihapuskan dan akan diganti dengan assessment. Tentu assesment ini banyak yang perlu dinilai, baik kompetensi guru, sarana prasarana dan lain-lain sebagainya.

Keempat, kemudian tahun 2021 juga akan diberlakukan tambahan di luar jam mengajar seperti les akan diperhitungkan menjadi menambah jam tambahan.

Kelima guru dituntut mengajar 24 jam. Setelah itu baru diberikan jam tambahan, yaitu Waka-waka: Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Waka Humas, Waka Sapras, Wali Kelas dan Pembina yang lain. Jangan utamakan tambahan tersebut baru menambahkan jam pelajaran. Tetapi yang diutamakan adalah kemampuan guru tersebut dan berikanlah tugas kepada guru kira-kira dia bisa melaksanakan tugas tersebut karena tugas tambahan tersebut adalah tugas keahlian yang bukan semata-mata untuk mengurangi jam belajar.

Keenam, bahwa tahun ini akan diberikan tunjangan atau Tukin bagi guru yang belum sertifikasi, tetapi banyak hal dan persyaratan yang harus dikerjakan dan dilengkapi, seperti absen pingerprint yang dan Laporan Kinerja perbulan yang ditandatangani oleh Kepala Madrasah. Setelah itu setiap bulan baru bisa dicairkan Tukinnya.

Dalam sambutannya pada saat pembukaan, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Drs. H. Muhammad, M.Pd.I mengungkapkan, "Meskipun penetapan kelulusan serahkan sepenuhnya kepada guru madrasah, tetapi jangan semena-mena memberikan nilai tanpa mempertimbangkan kelayakan siswa tersebut. Kasi Penmad dan Kamad harus memperhatikan dan dapat menyusun ambang batas kelulusan ujian yang benar-benar pantas dan sesuai dengan/bagi kemampuan siswa

Kepala pada Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi H. Abd. Rahman, S.Ag., M.Pd.I memberikan nasehat khusus kepada PNS penerima Sertifikasi atau Tukin, "Coba saudara renungkan bahwa di awal bulan saudara diberikan gaji sebelum bekerja kemudian setelah bekerja diberi gaji lagi tambahan, yaitu Tunjangan Sertifikasi (Tukin) dan uang makan. Sementara kita masih juga malas mengajar atau mengerjakan tugas, apakah kita kira-kira bisa mempertanggungjawabkan di akhirat nanti?" Ujarnya.

Pada tahun ini pengumuman hasil Ujian Nasional akan diumumkan khusus MTs pada tanggal 5 Juni 2020. Kemudian ada kesempatan apabila siswa mendapatkan nilai yang kurang memuaskan maka diperbolehkan untuk memperbaikinya setelah hasil pengumuman UN yaitu tanggal 8 dan 9 Juni 2020 dengan catatan nilainya harus lebih baik dari sebelumnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan semoga ada mamfaatnya bagi para guru MTsN 3 Tanjab Barat. (Sb/Hm)

 


103x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Berikut Juara Class Meeting Semester Ganjil MTsN 3 Tanjab Barat 79x dibaca
  2. Hari Pertama USBN/BK MTsN 3 Tanjab Barat Berjalan Lancar 722x dibaca
  3. Dua Guru MTsN 3 Tanjab Barat Lulus UK Mapel Bahasa Arab dan Guru MI 597x dibaca
  4. Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Juara Kelas MTsN 3 Tanjab Barat 524x dibaca
  5. Penyerahan Piala Juara Umum KORAMI ke Pihak Madrasah 66x dibaca

Halaman ini diakses pada 18-06-2021 09:51:53 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 3.236.214.224
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved