MTSN 3 Tanjung Jabung Barat


Diposting Pada: Kamis, 06 Februari 2020
Peringatan Haul Syeikh Muhammad Ali Wahhab Tahun 1441 H/2020 M


Peringatan Haul Syeikh Muhammad Ali Wahhab Tahun 1441 H/2020 MTanjung Jabung Barat (MTsN 3 Tjb) - Keluarga Besar Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal, Jambi memperingati Haul Syeikh Muhammad Ali bin Syeikh Abdul Wahhab ke-9 tahun 1441 H/2020 M, Rabu (5/2/2020) yang bertempat di halaman Ponpes.

Syeikh Muhammad Ali bin Syeikh Abdul Wahhab atau Syeikh Ali Wahab yang biasa disapa/sebut "Ayah" itu merupakan salah satu Ulama besar di Kuala Tungkal Provinsi Jambi, Pendiri sekaligus Mursyid Thariqah Qadiriyah wa Naqsyabandiyah.

Haul dihadiri oleh ribuan jama'ah yang datang dari berbagai daerah, khususnya para keluarga, asatidzah, santriwan dan santriwati, alumni yang tergabung dalam Keluarga Besar Itsbat (Ikatan Santri Al-Baqiyatush Shalihat) 'Urwatul Wutsqa, alim ulama dan Tuan guru, murid, jama'ah Thariqah Qadiriyah wa Naqsyabandiyah (TQN), undangan dan umumnya masyarakat Tanjab Barat. Turut hadir pula H. Ahmad Yamin, S.Ag Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren yang mewakili Kepala Kantor Kemenag Tanjab Barat.

Acara haul dimulai dengan pembacaan tahlil dan doa. Kemudian pembacaan manaqib Syeikh Muhammad Ali bin Syeikh Abdul Wahhab oleh Tuan Guru KH. Hasan Basri yang juga menceritakan bagaimana sifat dan kebaikannya sewaktu muda menuntut ilmu dan terhadap para gurunya. Tentunya juga awal mula muncul dan berkembangnya TQN di Kuala Tungkal, janganlah dilihat dari keberhasilannya saja, tetapi prosesnya yang sangat panjang.

Pada haul kali ini ceramah agama disampaikan oleh DR. KH. Reza Ahmad Zahid, Lc., MA Pengasuh Ponpes Lirboyo Al-Mahrusiyah, Kediri, Jawa Timur.

DR. KH. Reza Ahmad Zahid, Lc., MA dalam ceramahnya menyampaikan, "Barang siapa yang pernah duduk bersanding (belajar) dengan guru,dia mendapatkan ilmu dari gurunya Ibu ketika ia memiliki hati yang melenceng (i'tiradh) dari gurunya, maka putus hubungan (shuhbah) dia dan gurunya dunia dan akhirat. Maka wajib baginya bertobat".

"Kita dengan guru kita ibarat lampu, jika terus ingat, dekat dan menjalin silaturahim dengan guru-guru kita, itu akan memancarkan sinar, bertambah terang berkah guru kita dunia dan akhirat, seperti menghadiri acara haul ini. Tapi jika sebaliknya, kurang kita bersilaturahmi, maka sinar itu akan meredup". Ujarnya lagi.

Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh KH. M. Hanif Muslih, Lc dari Meranggen, Demak, Jawa Tengah yang juga berkesempatan hadir pada acara tersebut.

Selain acara haul, para jamaah juga menziarahi makam Syeikh Ali Wahab yang terletak di lingkungan Ponpes yang bersebelahan dengan masjid itu. (sb)

 


391x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Ujian Hari Kelima... 145x dibaca
  2. Siswi MTsN 3 Ikuti Porkab Tanjab Barat 2019 373x dibaca
  3. MTsN 3 Tanjab Barat Serahkan SKHU Sementara 358x dibaca
  4. Kepala MTsN 3 Tanjab Barat Ikuti Sosialisasi Persiapan UNBK 179x dibaca
  5. Penyerahan Piala Juara Umum KORAMI ke Pihak Madrasah 153x dibaca

Halaman ini diakses pada 29-03-2024 19:09:00 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 127.0.0.1
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved