MTSN 3 Tanjung Jabung Barat


Diposting Pada: Jumat, 17 Mei 2019
Keluarga Besar Kantor Kemenag Tanjab Barat Gelar Buka Puasa Bersama


Keluarga Besar Kantor Kemenag Tanjab Barat Gelar Buka Puasa BersamaTanjung Jabung Barat (MTsN 3 Tjb) - Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengadakan buka bersama pada hari Jum'at tanggal 12 Ramadhan 1440 H bertepatan tanggal 17 Mei 2019 M bertempat di aula Kantor Kemenag Tanjab Barat dengan mengambil tema: "Kebersamaan Dalam Keberagaman".

Acara buka puasa bersama dihadiri oleh Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA Kecamatan, Para Pengawas, Ketua Dharma Wanita beserta anggota dan Karyawan/ti Kementerian Agama dalam Kabupaten Tanjab Barat. Tampak juga hadir Kepala MTsN 3 Tanjab Barat Bapak Hamise. Acara dimulai jam 16.00 s/d selesai. Nomor: B-1348/kk.05.03/HM.03/05/2019 tanggal 10 Mei 2019 perihal undangan buka bersama.

Acara diawali dengan pembacaan ummul Qur'an oleh Bapak Ario sekaligus pembawa acara, sambutan Kepala Kemenag Tanjab Barat Drs. Hasbi, M.Pd.I, ceramah agama oleh Ustadz H. Fakhruddin Nor, pembacaan doa dan buka bersama. Dilanjutkan sholat maghrib berjamaah dan diakhiri dengan makan malam bersama.

Bapak Hasbi menyampaikan dalam sambutannya, "Semoga kegiatan buka bersama ini bisa terus berlanjut ke depannya. Kebersamaan dalam melaksanakan buka bersama ini menjadikan hidup dalam kebersamaan dan merasakan suka dan duka adalah satu".

Ia juga menyampaikan bahwa "MUI Provinsi Jambi akan mengadakan safari Ramadhan pada hari minggu malam senin (19/5/2019) Nur Saadah di depan SMP 3. Diharapkan para Kepala KUA dan Penghulu agar hadir di sana mengikutinya". Ujarnya.

Selanjutnya, "Himbauan dari Menteri Agama agar pada tanggal 21 Mei 2019 nanti melaksanakan peringatan malam Nuzulul Qur'an serentak se Indonesia di kecamatan masing-masing tempat tugas dan bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan". Pungkasnya.

Selanjutnya dalam ceramahnya Ustadz H. Fakhruddin Nor menyampaikan tentang keutamaan Ramadhan. Jika umat Islam mengetahui keutamaan yang terkandung di bulan Ramadhan, semua akan bercita-cita agar satu tahun semua Ramadhan. Adapun keutamaan di bulan Ramadhan yang mana surga itu merindukan 4 golongan yang semuanya dapat mengantarkan kita ke surga.

Pertama, Taalil Qur'an (gemar membaca al-Qur'an). Hendaknya banyak-banyak membaca al-qur'an.

Kedua, wa haafizillisaan (memelihara lisan). Hendaklah jangan suka membicarakan keburukan atau aib orang lain. Menghindari diri dari berkata tidak baik.

Ketiga, wa mut'imil ji'an (memberi makan orang lapar). Termasuk memberi makan orang yang berpuasa dan yang ikut handil dalam membantu menyediakan makanan/minuman buka bersama. Juga perbanyaklah berbuat baik, apalagi kepada orang tua.

Keempat, wash shaaimi fii syahri Ramadhaan (berpuasa di bulan Ramadhan). Bulan Ramadhan mendidik kita menjadi orang bertaqwa, mendidik jujur, tidak berbohong. Mengatakan yang benar itu benar dan tidak suka mencampur ucapan yang hak dan batil.

Buka puasa bersama merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap bulan Ramadhan yang bertujuan untuk mempererat silaturrahim dan ukhuwah Islamiyah dan antar sesama keluarga besar Kemenag Tanjab Barat. (sb)

 


956x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Pelaksanaan Seleksi Akademik Mata Pelajaran Umum Program PPG dalam Jabatan Tahun 2019 748x dibaca
  2. Kepala Kemenag Pantau Ujian Semester di MTsN 3 Tanjab Barat 511x dibaca
  3. Kemenag Tanjab Barat Gelar Sunatan Masal 84x dibaca
  4. Kepala Kemenag Tanjab Barat Kukuhkan 67 PAI Non PNS Tahun 2020-2024 189x dibaca
  5. Dua Guru MTsN 3 Tanjab Barat Lulus UK Mapel Bahasa Arab dan Guru MI 573x dibaca

Halaman ini diakses pada 21-09-2020 06:58:06 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 52.3.228.47
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved